Check Penyiapan Ibadah Malam Natal: Heru Budi Datangi Gereja Bersama TNI-Polisi, Ketua DPRD DKI Turut

Posted on

Check Penyiapan Ibadah Malam Natal: Heru Budi Datangi Gereja Bersama TNI-Polisi, Ketua DPRD DKI Turut

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengevaluasi penyiapan pengamanan ibadah malam Natal 2022 di beberapa gereja pada Sabtu, 24 Desember 2022. Gereja pertama kali yang dikunjungi Heru ialah GPIB Immanuel di Jalan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat.

Ia pergi dari Balai Kota, Jakarta Pusat sekitaran jam 14.40 WIB memakai bis listrik Transjakarta. Setelah tiba di lokasi, Heru dan kelompok disongsong beberapa pengurus gereja.

Berdasar pengamatan Tempo, di lokasi itu kelihatan beberapa personel kepolisian yang berjaga-jaga. Ada juga petugas yang bawa anjing pelacak. Disamping itu, kelihatan mobil Gegana di kompleks gereja.

Heru tidak sendirian. Ia ditemani beberapa pejabat, seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto, dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Ada pula Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, Kasatpol PP DKI Arifin, dan Keuskupan Agung Jakarta.

Sesudah mengevaluasi keadaan di Gereja GPIB Immanuel, Kepala Sekretariat Presiden ini segera berangkat ke gereja selanjutnya. Masih tetap ada tiga gereja yang hendak dikunjungi, yakni Gereja Katedral, Gereja Ignatius Loyola, dan Gereja GPIB Paulus.

Perayaan Natal DKI
Awalnya, Kepala Agen Pendidikan Psikis dan Religius (Dikmental) DKI Jakarta Gunas Mahdianto menjelaskan pemerintahan DKI akan bersinergi dengan beragam pihak dalam penyelenggaraan serangkaian acara Natal 2022.

Salah satunya wujud kolaborasi itu ialah pemerintahan DKI ajak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Badan Intelijen Negara (BIN) DKI untuk berkunjung gereja-gereja. Forkopimda terbagi dalam kepala daerah, kejaksaan, sampai TNI-Polri.

“Supaya acara berjalan mulus, kami perkokoh koordinasi dan kolaborasi antara OPD di intern Pemerintah provinsi DKI dan external Pemerintah provinsi,” tutur ia dalam info tercatatnya.

Lawatan ke gereja bukan hanya bersama Forkopimda dan BIN, tetapi juga dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Perwakilan Majelis Tinggi Agama tingkat daerah.

Pemerintahan DKI sudah membuat serangkaian acara perayaan Natal 2022. Acara berjalan pada 19-24 Desember 2022. Selainnya lawatan ke gereja, pemerintahan daerah juga melangsungkan Kidung Natal atau Christmas Carol dan Jakarta Lights Festival. Selanjutnya dijadwalkan perayaan Natal bersama di Ancol, Jakarta Utara pada 13 Januari 2023.