Pesan Jokowi ke Polri dan Kejagung: Benahi Dahulu di Dalam, Selanjutnya Membersihkan Instansi Lain

Posted on

Pesan Jokowi ke Polri dan Kejagung: Benahi Dahulu di Dalam, Selanjutnya Membersihkan Instansi Lain

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan khusus ke Polri dan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk bersihkan keadaan dalam lembaganya lebih dahulu.

Sesudahnya, Jokowi minta ke-2 instansi hukum itu menuntaskan masalah di kementerian atau instansi lain.

“Di Polri atau di Kejaksaan Agung dan aparatur hukum yang lain benahi dahulu dalam, selanjutnya tuntaskan dan membersihkan kementerian atau instansi yang lain,” tutur Jokowi di Sidang Cabinet Pleno yang mengulas masalah Program Pemerintahan untuk 2024 di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Dalam peluang itu, Jokowi menyentuh masalah reformasi birokrasi yang arah intinya supaya warga terlayani dengan baik, efisien, dan akuntabel.

Presiden selanjutnya mengatakan reaksi khalayak atas kejadian yang menyorot pola hidup karyawan Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea Cukai belakangan ini.

Menurut Jokowi, kekesalan warga kelihatan dari banyak komentar di sosial media.

“Dari banyak komentar yang saya baca, baik di atas lapangan atau di kementerian, di sosial media karena kejadian di pajak dan di bea cukai, saya mengetahui benar, ikuti kekesalan warga pada aparatur kita aparatur pemerintahan,” tutur Jokowi.

Tidak cuma karyawan pajak dan bea cukai, Jokowi lalu memberi penekanan ke barisan kepolisian, aparatur hukum lain, dan aparatur birokrasi yang lain supaya waspada.

“Berhati-hati, bukan hanya masalah pajak dan bea cukai, ada kepolisian dan aparatur hukum yang lain pada birokrasi yang lain. Dan jika semacam itu ya, jika menurut saya, patut masyarakat sedih,” kata Jokowi.

“Karena servicenya dipandang tidak bagus selanjutnya aparatnya sikapnya jemawa dan ekspos kuasa. Selanjutnya, ekspos kemampuan, ekspos kekayaan, hedonis,” katanya meneruskan.

Oleh karena itu, Jokowi minta ke semua menteri dan kepala instansi untuk mendisiplinkan korps-nya.

Menurut Jokowi, barisan kementerian dan instansi harus diingatkan kembali masalah beberapa hal yang bisa dan jangan dilaksanakan.

“Saya meminta ke semua menteri dan kepala instansi untuk mendisiplinkan beberapa (aparatur) di bawahnya, memberitahukan apapun yang jangan dan apa yang bisa dilaksanakan,” kata Jokowi memperjelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *