Bagaimana cara mengganti oli mobil Anda

[ad_1]

Pertama, mari kita jawab pertanyaannya. Mengapa Anda perlu mengganti oli sendiri? Karena Anda dapat menghemat waktu dan uang. Tidak perlu lagi mengantri di garasi atau toko ganti oli ekspres. Dengan 10 baht Anda mendapatkan oli terbaik dan filter oli baru. Dan sangat mudah Anda bisa melatih monyet untuk melakukannya.

Mengganti oli mesin adalah proses tiga langkah yang sangat sederhana: 1. Kuras oli lama 2. Ganti filter oli 3. Pasang oli baru. Tapi sebelum kita melewati langkah-langkahnya Mari kita jawab beberapa pertanyaan dasar terlebih dahulu.

Kapan saya harus mengganti oli?

Lihat di manual pemilik kendaraan Anda. Kebanyakan pembuat mobil merekomendasikan mengganti oli setiap 6.000 mil untuk servis normal atau setiap 3.000 mil untuk servis berat. Saya mengganti oli setiap 6.000 mil dan mesin saya berjalan seperti baru ketika saya menukarnya lebih dari 100.000 mil. Satu hal yang saya lakukan adalah mengganti oli di mobil saya setelah 300 mil pertama break-in. Setelah itu, saya mengganti oli .setiap 6.000 mil

Jenis minyak apa yang harus saya gunakan?

Anda tidak akan menghemat uang dengan menggunakan oli yang tidak bermerek karena mesin Anda lebih cepat aus. Gunakan oli yang memenuhi standar American Pertroleum Institute (API) Category SL. Saya menggunakan merek Valvoline, Quaker State, Pennzoil, atau Havoline. Oli berkualitas ini mengandung aditif yang membuatnya bekerja lebih baik dan bertahan lebih lama.

Jika Anda mengganti oli sebelum musim dingin Gunakan oli bobot SAE 10W30. Angka ini berarti oli mesin memiliki kekentalan 10 bobot yang tipis. saat mesin dingin Memudahkan menghidupkan mesin Oli kemudian menjadi kental menurut beratnya hingga 30 saat mesin memanas. Perlindungan mesin yang lebih baik Jika Anda mengganti oli sebelum musim panas Gunakan oli berat SAE 10W40. Viskositas ekstra berat 40 akan melindungi mesin Anda lebih baik dalam cuaca panas.

apa langkah yang pertama?

Pertama, biarkan mesin Anda dingin. Mesin modern bekerja hampir 300 derajat (F), dan oli panas akan menyebabkan Anda terbakar hebat. Anda tidak boleh mengangkat mobil kecuali Anda memiliki mobil sport yang menabrak tanah atau pengendara rendah. Hampir setiap mobil memiliki ruang yang cukup di bagian bawah untuk menjangkau dan mengganti oli.

Langkah 1: Tiriskan Minyak Lama

Temukan sumbat pembuangan dan letakkan panci di bawahnya untuk menjebak minyak. Dengan kunci pas kotak, lepaskan sumbat oli.

Catatan Pemula: Untuk melepas sumbat pembuangan putar berlawanan arah jarum jam

– Jika Anda memiliki mesin dual-overhead-cam GM EcoTec, Anda mungkin kesulitan menemukan sumbat pembuangan pada semua aluminium itu.

ketika minyak berhenti mengalir Pasang kembali sumbat pembuangan.

Catatan Pemula: Untuk mengganti sumbat pembuangan untuk memutar searah jarum jam Mulai steker dengan jari Anda. Jika terlalu sulit untuk berbalik, mundurlah! Anda melewatkan utas ini.

Langkah 2. Ganti filter oli.

Pindahkan panci oli di bawah filter oli. Gunakan kunci pas filter oli untuk memulai. Lepaskan filter oli (pemula: berlawanan arah jarum jam dan Anda akan mendapatkan minyak di tangan Anda)

– Kunci pas filter oli tipe tali adalah yang terbaik untuk digunakan. Alat filter oli soket digunakan dengan ratchet seperti soket biasa. Masalah dengan jenis soket adalah bahwa mereka cenderung terjebak pada filter. Gunakan alat tipe soket. Jika Anda tidak memiliki cukup ruang di sekitar filter oli untuk menggunakan jenis tali.

Gunakan jari Anda untuk mengoleskan sedikit minyak. ke paking filter baru untuk segel yang lebih baik.

*! Sekarang perhatikan – ini yang bisa kamu lakukan para bangsawan!

dengan tanganmu Pasang filter oli baru. Jika terlalu sulit untuk berbalik, mundurlah! Anda melewatkan utas ini. Sebagian besar filter telah mencetak instruksi agar filter berputar kembali setelah paking disentuh.

Saran saya: kencangkan sekrup filter sampai “mengencang”, lalu gunakan kunci pas filter oli untuk mengencangkannya 1/8 hingga 1/4 putaran.Ini penting!

Saat mobil berjalan, pompa oli akan memberi tekanan pada oli. Jika filter oli tidak kencang minyak akan keluar Jika itu terjadi, segera matikan mesin! tanpa minyak Mesin akan terkunci dalam hitungan detik.

Pertama kali saya mengganti oli. Saya menggunakan kunci pas filter untuk mengencangkan filter sekencang mungkin. Salah! Lain kali ganti oli Tidak dapat menghapus filter Untungnya, saya memiliki banyak ruang di sekitar pengisi, jadi saya menggunakan obeng untuk melewati rumah filter dan menggunakan pegangan obeng untuk menutupi filter.

Peringatan! Jangan terlalu kencangkan filter. Ikuti petunjuk di atas dengan seksama!

– Mesin dual-overhead-cam EcoTec GM memiliki filter oli yang rusak di bagian atas mesin. Lepaskan pipa pemasukan udara mesin. Itu tangki filter oli di sebelah kanan dan di bawah ujung terbuka intake manifold. Gunakan kunci pas dengan ukuran yang sesuai untuk melepas tutup kaleng. Mesin ini menggunakan cartridge filter khusus.

Langkah 3 Tambahkan oli baru.

Temukan tutup pengisi oli pada penutup katup. Saya telah melihat pemula menuangkan minyak ke segala sesuatu mulai dari master silinder rem hingga tutup radiator. Pastikan Anda menemukan tutup pengisi oli. Lepaskan tutup pengisi oli.

saat menuangkan minyak Anda harus menggunakan corong antara kaleng oli dan lubang pengisi oli di penutup katup.

Berapa banyak minyak yang harus saya tambahkan? Lihat di manual pemilik kendaraan Anda. Kebanyakan mesin memiliki kapasitas empat atau lima liter. Jangan mengisi bak mesin terlalu penuh. saat Anda mengoperasikan mesin Oli berlebih akan meledak pada nilai PCV, yang dapat menyebabkan mesin Anda berhenti bekerja.

Tip: Jika Anda tidak tahu kapasitas oli mesin. isi empat liter Kemudian periksa level oli mesin. Jika itu seperempat rendah tambahkan satu liter lagi

Ganti tutup tangki bahan bakar.

Langkah 4. Nyalakan mesin.

Ya, saya tahu, saya hanya mengatakan tiga langkah di sana. Anda selesai. Ini sebenarnya bukan “langkah”.

Nyalakan mesin dan pastikan lampu peringatan oli padam. Lihat bagian bawah mobil untuk memastikan oli tidak bocor. Matikan mesin dan diamkan selama beberapa menit agar oli mengalir ke bak mesin. Kemudian gunakan batang celup untuk memeriksa level oli.

Untuk memeriksa level oli: Lepaskan batang celup, bersihkan dengan lap. Pasang batang celup baru. Pastikan tongkat celup terpasang sepenuhnya. Jika tidak, Anda akan salah membaca. Setelah beberapa detik Lepaskan tongkat celup. dan periksa untuk melihat seberapa jauh oli menutupi batang celup. Kebanyakan tongkat celup memiliki tanda “penuh” yang tercetak di atasnya.

Catatan: Saya telah menemukan bahwa cara terbaik untuk membuang oli lama adalah dengan menggunakan corong untuk mengebor lubang dari panci pengumpul ke dalam botol tempat oli baru masuk. Ketika saya mendapat setumpuk besar botol minyak bekas Saya akan membawanya ke pusat daur ulang minyak. Pastikan untuk menandai botol oli bekas. agar tidak mengira itu oli baru

Hak Cipta (C) 2004 Bucaro TecHelp

Artikel di bawah ini diperbolehkan untuk diteruskan, dicetak ulang, didistribusikan, digunakan untuk ezine, buletin, situs web, penawaran sebagai bonus gratis atau bagian dari produk untuk dijual. Selama tidak ada perubahan dan byline, hak cipta, dan kotak sumber daya. Di bawah ini termasuk

[ad_2]
Source by Stephen Bucaro

About admin

Check Also

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) …