Hepatitis dan PMS Dijelaskan

[ad_1]

Apa itu hepatitis?

Hepatitis: Ini adalah peradangan dan nekrosis hati yang disebabkan oleh virus atau sekelompok virus.

memiliki jenis hepatitis lainnya termasuk hepatitis dan hepatitis terkait obat dan hepatitis alkoholik

Jenis-jenis hepatitis

Ada berbagai jenis hepatitis.

Hepatitis A, B, C, D, E dan G, dll.

Virus Hepatitis B: Disebabkan oleh virus hepatitis B, virus DNA hepadna dengan sebagian genom DNA untai ganda.

Hepatitis C: Ini adalah infeksi hati yang serius dan sering kali tanpa gejala yang disebabkan oleh virus hepatitis C. yang merupakan virus RNA untai tunggal Setidaknya enam genotipe utama telah diidentifikasi.

mode transmisi

Hepatitis B dan C ditularkan melalui kontak dengan darah atau produk darah yang terinfeksi.

Misalnya melalui jarum yang terkontaminasi. (termasuk jarum tato yang tidak steril) Jarum yang tertusuk secara tidak sengaja oleh petugas kesehatan dan seks tanpa kondom Berbagi gunting kuku, pisau cukur, atau sikat gigi

– transfusi darah tanpa skrining

Mode transmisi lainnya

Hal ini juga dapat ditemukan dalam air liur, air mani, dan cairan vagina. dan melalui ibu yang terinfeksi HbsAg kepada keturunannya (penularan ibu dan bayi baru lahir) Hepatitis B lazim di kalangan homoseksual dan pengguna narkoba suntikan. Tetapi sebagian besar adalah hasil dari penularan heteroseksual. Masa inkubasi hepatitis B adalah 6 minggu sampai 6 bulan (rata-rata 12-14 minggu), Hepatitis C antara 6-7 minggu dan gejala klinis biasanya ringan. sering tanpa gejala

Tanda dan gejala

Hepatitis C disebut “The silent killer” karena virus cenderung bersembunyi di dalam tubuh selama bertahun-tahun. lolos dari deteksi karena menyerang hati Ini karena kebanyakan orang tidak memiliki tanda-tanda peringatan hepatitis C. (Atau tidak tahu bagaimana atau kapan terinfeksi)

Mereka tidak mencari pengobatan sampai bertahun-tahun kemudian. Pada saat gejala hepatitis C muncul atau diagnosis dibuat. Kerusakan biasanya berlangsung dengan baik.

Jika ada gejala, mungkin tidak ringan atau parah. Keluhan yang paling umum adalah:

kelelahan

demam

nyeri otot atau sendi

anoreksia

mudah tersinggung

sakit perut kanan atas

urin berwarna kuning tua

muntah

Kulit atau mata kuning (jaundice)

kulit yang gatal

Kotoran pucat, mudah berdarah, mudah memar

Mata kuning: gejala

Hepatitis akut dan kronis

Hepatitis akut, seperti namanya, adalah penyakit yang tiba-tiba dan berumur pendek. Ini terjadi dalam dua minggu pertama hingga enam bulan infeksi.

Pada 25% kasus, virus akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Hepatitis kronis:

untuk hepatitis yang telah beralih dari keadaan akut ke kronis Infeksi akan berlanjut setelah enam bulan dan seringkali lebih lama.

Sekitar 75% hingga 85% orang dengan hepatitis akut tetap terinfeksi secara kronis.

diagnosa hepatitis

kecuali gejala terjadi Orang dengan hepatitis C sering tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi. sampai infeksi ditemukan selama tes darah rutin

Tes darah sederhana dapat mengetahui apakah seseorang terinfeksi.

Tes rutin meliputi:

Tes HbsAg

tes antivirus hepatitis C

Tes dan tes lebih lanjut akan dilakukan untuk individu yang dites positif untuk tes di atas.

Komplikasi hepatitis kronis

Hingga satu dari empat orang dengan hepatitis C kronis mengembangkan sirosis atau jaringan parut hati yang parah.

Orang-orang ini mungkin memiliki gejala tambahan, termasuk pembengkakan di kaki dan perut. pembuluh darah seperti laba-laba dan akumulasi racun dalam aliran darah yang dapat menyebabkan kerusakan otak.

Orang dengan hepatitis B kronis Hal ini terutama benar ketika HBV terinfeksi pada usia dini dan terus mereplikasi virus. Ada risiko tinggi sirosis dan kanker hati.

Hepatitis C kronis adalah salah satu penyebab utama kanker hati.

perlakuan

Perawatan telah meningkat pesat selama bertahun-tahun. Obat-obatan saat ini lebih efektif menghilangkan virus di dalam tubuh. dan memiliki lebih sedikit efek samping

Jenis pengobatan yang Anda terima akan tergantung pada genotipe atau jenis virus hepatitis. termasuk kerusakan hati yang sedang berlangsung

Pengobatan Hepatitis B

Tujuan pengobatan hepatitis B kronis adalah untuk mengendalikan virus dan mencegah kerusakan hati. Ini dimulai dengan pemantauan rutin untuk tanda-tanda penyakit hati.

Obat antivirus dapat membantu. Tapi tidak semua orang bisa makan.

Pengobatan: hepatitis C kronis

obat

Obat terbaru hepatitis C genotipe 1, 2 dan 3 adalah Daclatasvir (Daklinza); Elbasvere/Grasoprevir (Pemisah); Ledipasvir (Harvoni); Ombitasvir, paritaprevir, dan ritonavir dengan tablet dasabuvir (Viekira Pak); sophosbuvir/velpatasvir (Epclusa); Sofosbuvir (Sovaldi); Daclatasvir (Daklinza) dengan sofosbuvir (Sovaldi); dan Sofosbuvir/velpatasvir (Epclusa).

injeksi

Pencegahan dan pengendalian hepatitis B

Vaksin hepatitis B cocok untuk bayi sejak lahir dan dewasa.

Pencegahan dan pengendalian hepatitis C

Saat ini tidak ada vaksin untuk hepatitis C.

Hindari kontak dengan cairan tubuh dengan melindungi diri Anda dengan mengambil tindakan pencegahan.

Fakta tentang penyakit menular seksual

Chlamydia: Ini adalah PMS umum yang dapat menyebabkan infertilitas jika tidak diobati. bilas dengan cepat dengan antibiotik Tetapi sering tidak disadari karena gejalanya tidak jelas atau tidak ada sama sekali.

Wanita dengan gejala mungkin memperhatikan

– keputihan yang tidak normal;

– buang air kecil yang menyakitkan

Gejala pada pria mungkin termasuk:

lepaskan dari mereka

alat kelamin;

sensasi terbakar saat

air seni; (kesulitan buang air kecil)

rasa sakit dan bengkak menjadi satu

atau kedua testis

Bisakah klamidia disembuhkan?

Ya, klamidia bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Ketika diambil dengan benar, itu menghentikan infeksi dan dapat mengurangi kemungkinan Anda mengembangkan komplikasi nanti.

GONOREA

Gonore menyebar dengan mudah dan dapat menyebabkan kemandulan baik pada pria maupun wanita.

Antibiotik dapat menghentikan infeksi.

– Sensasi terbakar saat buang air kecil dan pingsan

– Infeksi selanjutnya dapat menyebabkan ruam kulit atau menyebar ke persendian dan darah.

Pada pria: pengusiran dari penis, testis bengkak.

Pada wanita: keputihan, nyeri panggul, bercak. Gejalanya bisa ringan dan mudah dikacaukan dengan infeksi saluran kemih atau vagina.

sipilis

Kebanyakan orang tidak memperhatikan gejala awal sifilis. jika tidak dirawat Ini dapat menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, dan bahkan kematian.

Sifilis bisa disembuhkan dengan antibiotik.

Tanda dan gejala: Tanda pertama biasanya lepuh bulat. Itu tidak menyakiti alat kelamin atau anus. Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dengan luka ini.

Kemudian, ruam mungkin muncul di telapak kaki, telapak tangan, atau bagian tubuh lainnya, termasuk pembengkakan kelenjar, demam, rambut rontok, atau kelelahan. Yang terakhir akan menyebabkan kerusakan pada organ seperti jantung, otak, hati, saraf dan mata.

virus herpes tipe 2

Sebagian besar herpes genital disebabkan oleh virus yang disebut HSV-2. Ini sangat menular dan dapat menyebar melalui hubungan seks atau kontak langsung dengan herpes.

tidak ada obatnya Tetapi obat antivirus dapat membuat wabah lebih jarang terjadi dan membantu gejala sembuh lebih cepat.

Gejala: Lepuh berisi cairan yang membentuk lepuh pada alat kelamin, anus, paha, atau bokong dapat menyebar ke bibir melalui kontak oral.

HIV/AIDS

Virus HIV melemahkan pertahanan tubuh terhadap infeksi. HIV menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom. berbagi jarum atau disebabkan oleh ibu yang terinfeksi Ini mungkin tidak menunjukkan gejala selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, tes darah adalah cara terbaik untuk mengetahui status Anda.

Perawatan tepat waktu sangat penting untuk membantu mencegah penyakit serius. Banyak orang tidak memiliki gejala. Tetapi beberapa orang memiliki gejala seperti flu sementara satu sampai dua bulan setelah infeksi, termasuk pembengkakan kelenjar (lihat di sini), demam, sakit kepala, dan kelelahan. Sariawan di mulut juga bisa terjadi.

Pilihan pengobatan HIV

Meskipun tidak ada obat untuk HIV Tapi ada obat yang bisa menghentikan jumlah virus yang berkembang biak di dalam tubuh. Orang menggunakan kombinasi obat antiretroviral dengan harapan dapat mencegah infeksi menyebar ke AIDS.

trikomoniasis

trikomoniasis disebabkan oleh parasit yang menyebar saat berhubungan seks Itu bisa disembuhkan dengan obat resep.

Tanda dan gejala pada pria: Kebanyakan pria tidak memiliki gejala yang jelas. Beberapa orang memiliki hidung yang sedikit berair atau sedikit rasa terbakar saat buang air kecil.

Tanda dan gejala pada wanita: Seorang wanita mungkin memiliki sekresi hijau kekuningan yang memiliki bau yang kuat. vagina gatal atau nyeri saat berhubungan seks atau buang air kecil Gejala biasanya mulai lima sampai 28 hari setelah terpapar parasit.

Komplikasi PMS

Penyakit radang panggul (PID) adalah komplikasi serius dari PMS yang tidak diobati. terutama klamidia dan gonore

Ini terjadi ketika bakteri menyebar ke rahim dan organ reproduksi wanita lainnya.Pengobatan tepat waktu sangat penting untuk mencegah kerusakan pada kesuburan wanita.

Tanda dan gejala: Sakit perut, demam, lendir abnormal. hubungan intim yang menyakitkan Buang air kecil yang menyakitkan dan terlihat, namun seringkali tidak ada tanda-tanda peringatan.

Siapa yang berisiko terkena PMS?

Siapa pun yang berhubungan seks berisiko terkena IMS. tanpa memandang jenis kelamin, ras, kelas sosial atau orientasi seksual

Konon, remaja dan dewasa muda lebih mudah terkena IMS daripada orang tua.

Bisakah perawan terkena PMS?

ya mereka bisa Banyak IMS yang menyebar melalui segala macam aktivitas seksual. Ini termasuk kontak kulit-ke-kulit dan seks oral. Hal ini terutama berlaku dengan PMS yang membuat luka atau borok pada alat kelamin.

pencegahan PMS

Cara terbaik untuk menghindari PMS adalah dengan tidak berhubungan seks.

Jangan menggunakan benda tajam dan jarum secara bersamaan.

Hindari menggunakan benda yang tidak steril.

membuat higienis penting

[ad_2]
Source by Eniola Adewale

About admin

Check Also

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) …