kelas oli mesin Standar kinerja kualitas

[ad_1]

Pertimbangan penting untuk perawatan engine adalah memilih grade oli yang akan memberikan performa dan keandalan engine terbaik. Itu tergantung pada kondisi di mana Anda menggunakan mobil Anda.

Apa yang dicari pemilik mobil untuk memastikan bahwa oli mesin yang mereka pilih paling cocok untuk merek dan model khusus mereka? Ada beberapa tolok ukur, atau standar kinerja, yang menentukan tingkat oli mesin dan kapan pelumas tertentu dapat digunakan.

Society of Automotive Engineers (atau SAE) adalah salah satu peringkat yang menggambarkan kinerja oli mesin dan viskositasnya. Viskositas oli mesin yang diberikan adalah ukuran seberapa mudah oli mengalir ketika suhu berubah. Mengingat oli akan lebih mudah mengalir saat mesin panas. dibandingkan dengan saat Anda menghidupkan mesin dingin pertama kali.

Anda akan menemukan logo atau patokan pada sekaleng oli mesin. Ini secara efektif merupakan segel persetujuan dari organisasi yang dihormati. dan memberikan kredibilitas kepada pengecer oli dan pelumas motor. dan meyakinkan pembeli bahwa itu sesuai dengan standar yang diterima secara luas.

Itu tergantung pada bagian dunia mana Anda tinggal. Akan ada satu dari dua nama: API (American Petroleum Institute) adalah salah satu sertifikasi untuk produk oli mesin. Pelanggan akan yakin bahwa standar API menunjukkan tingkat kinerja yang diharapkan dari oli. Entah itu mobil, van, atau truk kecil.

Performa oli mesin memiliki berbagai kategori servis (=S), dan wadah produk oli akan menunjukkan ini di dalam logo benchmark, misalnya mencari simbol SN atau SL untuk mesin diesel. karena ini adalah mesin komersial Simbol akan dimulai dengan ‘C’.

Sertifikat lainnya Salah satu yang harus Anda ketahui adalah ACEA (=Association des Constructeurs Europeens d’Automobiles) dan kemungkinan besar akan muncul di negara-negara UE. Ada kemungkinan bahwa produk yang Anda beli akan menampilkan tanda standar untuk kelas dan performa mesin. Di bawah ACEA, huruf ‘A’ berarti mesin bensin, sedangkan ‘E’ berarti diesel tugas berat. Misalnya, sebutan A3 berarti untuk ‘Efisiensi tinggi dan/atau pengurasan yang diperpanjang’

Selain produk ritel yang memiliki segel persetujuan API dan ACEA, oli mesin terkadang menunjukkan persetujuan dari pembuat mobil tertentu. (atau OEM produsen peralatan asli) juga.

Oleh karena itu, ketika mempertimbangkan hanya viskositas atau laju aliran pelumas Patokan pada wadah oli mesin dapat menunjukkan, misalnya, SAE 5W-30 dibandingkan dengan oli lainnya. Oli mesin ini memberi tahu Anda bagaimana kinerja kelas khusus ini dalam berbagai kondisi.

Angka tanpa awalan ‘W’ menunjukkan viskositas oli yang diuji pada 100 derajat celcius, atau suhu fiktif untuk mesin yang beroperasi normal. Namun tantangannya adalah memiliki kadar oli yang memungkinkan oli mengalir ke bagian mesin yang bergerak dalam keadaan dingin, seperti saat menghidupkan mesin di pagi hari. Oli mesin yang didinginkan akan mengalir lebih cepat. Keausan suku cadang mesin yang penting semakin berkurang seiring waktu.

Misalnya, oli mesin 5W-30 di atas akan berperilaku seperti oli SAE 5 pada suhu yang lebih rendah. Ini memiliki tingkat kekentalan SAE 30 pada suhu mesin normal (didefinisikan sebagai 100 derajat celcius) Yang terbaik adalah merujuk ke manual mesin pabrikan untuk mengetahui tingkat mana yang terbaik untuk kendaraan Anda.

Ada juga organisasi lain International Lubricant Standardization and Approval Committee (ILSAC) dibentuk bersama oleh produsen otomotif AS dan Jepang. yang merekomendasikan nilai oli mesin yang sesuai dengan standar API

dengan persetujuan berbagai tolok ukur Ini ditampilkan pada wadah pelumas dan oli mesin. dengan informasi dari manual pabrikan Pemilik mobil harus memastikan bahwa mereka memiliki kualitas oli mesin terbaik untuk kendaraan mereka.

[ad_2]
Source by Chris Filips

About admin

Check Also

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) …