Konsep Inti Pengembangan Aplikasi Android

[ad_1]

Android adalah platform seluler open source yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2008 dan sejak itu telah menjadi favorit orang dan pengembang di seluruh dunia.Android adalah sistem operasi multi-proses dan multi-utas berbasis Linux, sistem operasi Android. Google tidak terbatas pada ponsel. Tetapi Anda dapat menggunakannya untuk membuat DVR, GPS Seluler, Pemutar MP3, dll.

Meskipun platform Android bersifat open source dan dapat disesuaikan, pengguna dan pengembang Android sama-sama telah menjadi pengguna tetap pada build yang dikembangkan Google untuk perangkat Android.

Konsep inti Android adalah:-

Aplikasi dan file APK

aktivitas

bagian

tampilan dan grup tontonan

Tata letak file XML

maksud

widget

melayani

Sensor

Saya memberikan gambaran umum tentang konsep inti Android Setelah memiliki pemahaman dasar tentang konsep inti Android, Anda dapat menggali topiknya.

Aplikasi dan file APK

Aplikasi Android adalah aplikasi Android. Aplikasi terkandung dalam file APK, seperti paket aplikasi Android. File APK berisi kode Java yang dikompilasi dan sumber daya lain seperti gambar dan teks untuk aplikasi Android.

aktivitas

Aktivitas Android adalah elemen GUI, Anda dapat memahaminya sebagai jendela di aplikasi desktop. Karena layar ponselnya kecil Oleh karena itu, aktivitas mengambil seluruh area layar. Jika Anda membuka banyak acara Kegiatan tersebut akan tumpang tindih. Anda tidak dapat mengatur acara secara berdampingan seperti yang dapat dilakukan dengan jendela desktop.

Aktivitas adalah tindakan terfokus unik yang dapat dilakukan pengguna. Ini karena sulit untuk menggulir, memperbesar, atau mengklik tautan di layar kecil. Oleh karena itu, disarankan agar aplikasi hanya menampilkan satu aktivitas per layar. Ini akan memberi pengguna informasi yang paling relevan. dan izinkan untuk membuka layar baru untuk melihat informasi lebih lanjut. Atau klik tombol kembali untuk melihat aktivitas sebelumnya. Layar dapat mengungkapkan banyak tugas. Sebaliknya, itu harus memungkinkan pengguna untuk melakukan hanya satu aktivitas pada satu waktu.

bagian

Di Android, semua subbagian adalah bagian dari antarmuka pengguna. Pecahan hanya mengambil sebagian dari layar. Fragmen Aktivitas Fragmen dapat diterapkan ke aktivitas. Fragmen memiliki Tampilan dan Grup Tampilan di dalamnya.

lihat dan lihat grup

Elemen GUI Android terbagi dalam tiga kategori: Aktivitas, Tampilan, dan Grup Tampilan. Aktivitas adalah jendela/layar. Tampilan adalah elemen GUI individual, seperti TextView, yang menampilkan teks. tombol yang dapat diklik pengguna, dll. ViewGroup adalah wadah untuk Tampilan. ViewGroup sebenarnya mengelompokkan kumpulan Tampilan bersama-sama. Tampilan dan grup tampilan dapat disarangkan dalam aktivitas atau di dalam subbagian yang bersarang di dalam aktivitas.

Tata letak file XML

Aktivitas, Fragmen, dan File XML ViewGroups dapat digunakan untuk menentukan tata letak dan kontennya. File XML tata letak memberi tahu elemen GUI mana yang terdiri dari aktivitas atau subbagian. dan menata komponen GUI seperti ukuran, margin, padding, dll.

maksud

Jika aplikasi Anda memerlukan fungsi yang melampaui kemampuan inti, seperti membuka foto, memutar video, atau mencari kontak. Anda harus mencari tahu apakah alat yang mampu mengimplementasikan fungsi itu ada di dalam OS atau di aplikasi pihak ketiga.

Misalnya, jika aplikasi Anda mengakses kontak pengguna. Anda bisa menggunakan objek maksud untuk meluncurkan aplikasi Kontak yang ada di perangkat Anda. Ini akan menghapus program duplikat dan mempercepat interaksi pengguna dengan perangkat. Karena pengguna tidak perlu lagi mempelajari cara menambahkan kontak ke aplikasi Anda.

widget

Widget Android adalah komponen GUI yang dapat ditampilkan di luar aktivitas. Misalnya, widget cuaca yang menunjukkan cuaca hari ini akan ditampilkan di layar beranda Android. Widget dikemas dan digunakan sebagai bagian dari aplikasi. Tampilan Aplikasi Android di Android kadang-kadang juga disebut sebagai widget. Misalnya, banyak elemen GUI ditempatkan dalam paket Java yang disebut android.widget. Tidak seperti widget, komponen GUI ditempatkan pada halaman. Oleh karena itu, Anda harus memahami perbedaan antara komponen GUI yang dapat digunakan di ViewGroups, Fragmen, dan yang dapat digunakan dalam ViewGroups, Fragmen, dan Aktivitas, dan di dalam Widget dan Widget yang dapat bertahan di layar beranda perangkat Android Anda.

melayani

Di Android, layanan adalah proses latar belakang yang dapat dilakukan pada perangkat Android meskipun aplikasi tidak terlihat. Layanan tidak memerlukan antarmuka pengguna, misalnya layanan dapat memantau server jarak jauh untuk pembaruan atau pencadangan setiap jam.

Sensor

Perangkat Android memiliki banyak built-in sensor yang dapat Anda akses dari aplikasi Android Anda, seperti built-in GPS di smartphone Anda sebagai sensor. Jadi Anda dapat mengakses GPS dari dalam aplikasi Android Anda.

[ad_2]
Source by Khalid Ali

About admin

Check Also

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) …