Lean 5s – Manfaatkan fondasi kesuksesan Toyota Motor Corporation di organisasi Anda.

[ad_1]

Sistem 5s Jepang adalah alat penting dan kuat dari sistem produksi Toyota.

Konsep 5s adalah sistem yang sederhana. bahwa organisasi Anda tidak mampu Tidak untuk menerapkan, menghemat waktu, menghemat uang, dan menghindari kesalahan dan gangguan. Baik Anda tertarik dengan 5 Second Lean Manufacturing, 5 Second Office, atau 5 Second Housekeeping, Anda akan mendapatkan hadiah tanpa akhir dengan penggunaan 5 detik.

fakta:

Memproduksi GM adalah 3 – 4 x biaya produksi di TMC.

Mengapa? Efisiensi. Ambil alat TMC dan hemat banyak uang dan kesulitan.

Latar Belakang 5S Jepang

5s berasal dari 5 kata dalam bahasa Jepang. Ini berarti ketertiban (seiri), ketertiban (seiton), bersinar (seiso), kebersihan (seiketsu), dan disiplin (shitsuke).

1. Urutkan

2. Urutkan secara berurutan

3. Bersinar

4. Standarisasi

5. Sustain (menjaga kedisiplinan untuk melanjutkan)

keuntungan

Program Lean 5s yang baik memastikan bahwa:

  • Lingkungan kerja yang lebih baik dan lebih aman
  • meningkatkan efisiensi
  • Membuang sampah dan barang-barang yang tidak perlu
  • Mengurangi kerusakan dan kerusakan mesin
  • Kurang stres dan lekas marah

kesuksesan

“Setiap hari, prioritas kami adalah 2s,” kata seorang manajer pabrik yang sukses dari pemasok Toyota di Jepang. “Dengan 2s yang baik (diurutkan dan diatur), kita dapat dengan mudah mencegah kecelakaan. Ciptakan lingkungan yang efisien menghindari kekacauan Hemat waktu mencari sesuatu. dan menjaga motivasi karyawan Kami dengan mudah menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan dapat mengidentifikasi pemborosan yang ingin kami hilangkan. Good 5s adalah titik awal untuk Kaizen yang baik.”

Mengapa Anda membutuhkan 5S?

Berikut adalah contoh bagus mengapa organisasi Anda membutuhkan 5 detik: Insinyur desain di perusahaan manufaktur tempat saya bekerja menerima kabar buruk. Dia menemukan bahwa kesalahannya merugikan perusahaan $9.700! Bagaimana hal itu terjadi? Kantornya tidak teratur. satu hari Dia telah merancang satu set untuk produksi, tetapi dia salah.Produksi telah dimulai dan kurang dari sebulan kemudian ada masalah. buang-buang waktu dan uang dan betapa memalukan

prinsip

Mari kita uraikan setiap langkah:

menyortir

dalam proses penyortiran Anda memutuskan item mana yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan. segala sesuatu yang lain harus pergi

diatur dalam urutan

di langkah selanjutnya Semua barang yang diperlukan harus dialokasikan sebuah rumah.

bersinar

Pada tahap ini, semua anggota tim terlibat dalam pembersihan besar.

standar

Ini adalah langkah yang sangat penting dan esensial untuk memastikan pengembalian jangka panjang dari lean 5. Jadwal rutin dari aktivitas 3s sebelumnya harus ditetapkan dan diimplementasikan.

rezeki

Ini bisa menjadi bagian yang sulit. Sekali lagi, untuk memastikan hasil yang tahan lama, kegiatan 5s harus dilanjutkan dan standar dipatuhi.

Sehingga organisasi tidak hanya bertahan. tapi tumbuh dan berkembang Diperlukan pola pikir dan strategi lean. Lean 5s adalah salah satu alat terbaik dan termudah yang pernah saya lihat. Hanya butuh pengetahuan, usaha dan tekad.

[ad_2]
Source by Angela M Corriero

About admin

Check Also

Kejagung Check Beskal Diperhitungkan Peras Pebisnis Asal Semarang Rp10 Miliar

Kejagung Check Beskal Diperhitungkan Peras Pebisnis Asal Semarang Rp10 Miliar Kejaksaan Agung (Kejagung) mengecek seorang …