Masalah Demokrat Belum Maklumat Konsolidasi, AHY: Tidak Ingin Hanya Gimmick Politik

Masalah Demokrat Belum Maklumat Konsolidasi, AHY: Tidak Ingin Hanya Gimmick Politik

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ungkap argumen Demokrat belum mengumumkan konsolidasi Pemilihan presiden 2024.

Hal tersebut dikatakan AHY saat pengukuhan Pengurus DPC Partai Demokrat Se-Provinsi Jawa Barat Masa 2022-2027 yang diadakan di Sentul, Jawa Barat pada Sabtu, 19 November 2022, Menurut AHY, jika sekedar berpadu tetapi cuma gimmick atau rekayasa politik, dicemaskan konsolidasi itu malah akan ringkih dan pada akhirannya pecah di jalan.

“Jika sekedar hanya berpadu-bersatu, hanya sekedar gimmick politik, saya cemas koalisinya akan gampang ringkih. Untuk apa jika sekedar hanya mengumumkan, tapi pecah di tengah-tengah jalan,” kata AHY dalam pidatonya yang diambil lewat tayangan streaming Partai Demokrat, Minggu.

AHY menerangkan, konsolidasi yang telah dideklarasikan harus memperlihatkan sikap kuat dan kompak. Khususnya di dalam meraih sasaran kerja-sama politik pada Pemilu 2024. Karena arah konsolidasi itu untuk menang, bukan hanya membuat konsolidasi.

“Jika sekali tercipta, karena itu harus kuat tiba di tujuan akhir. Apa arah akhir kita? Menang, benar? Ada yang tidak mau menang? Ada yang cuma ingin yang perlu jalan, ada tidak?,” katanya.

Putra pertama Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menjelaskan, sekarang ini Partai Demokrat dekat sama Partai Nasdem dan PKS.

AHY juga menanyakan sama siapa dan kapan Demokrat akan mengumumkan konsolidasi pilpresnya, walau ia sampaikan pengakuannya itu cuma gurauan semata-mata dan minta kader Demokrat untuk doakan supaya selekasnya tercipta konsolidasi.

“(Koalisi) Sama siapa? Kapan (maklumat)? Getho, saya menanyakan hal sama, diam-diam itu bergurau barusan. Tolong bapak-ibu selipkan dalam doa, selipkan dalam usaha kita, semoga terjaga betul sebuah konsolidasi, sebuah kutub peralihan,” katanya. Menurut AHY, dalam politik itu aktif, hingga peluang apa saja bisa terjadi.

Apa lagi registrasi pasangan capres (calon presiden) dan cawapres (calon wakil presiden) baru dibuka pada Oktober 2023. Demokrat tidak mau mengulur waktu dan tidak mau terburu-buru.

“Kapan registrasi? Oktober 2023, waktunya masih lumayan jauh, tapi kita ingin optimis tidak mau mengulur-ngulur waktu tentu saja, setuju semua? Tetapi tidak boleh terburu-buru,” sebut AHY.

About admin

Check Also

Senin Depan, Jokowi Berikan Langsung Tukar Rugi Rumah Hancur di Cianjur

Senin Depan, Jokowi Berikan Langsung Tukar Rugi Rumah Hancur di Cianjur Presiden Joko Widodo akan …