Wawancara dengan Seniman Batik – Lynn Blaikie

[ad_1]

Seniman batik Lynn Blaikie lahir di Ontario Selatan. Dia pindah ke Wilayah Yukon pada usia 18 tahun. Di komunitas pertambangan kecil Elsa, dia menemukan batik untuk pertama kalinya. Itulah warna musim dingin yang panjang dan gelap. Ekspedisi penambangan selama sembilan bulan memberinya kesempatan untuk jatuh cinta pada tong besar cat cair yang dia gunakan untuk membuat karya seninya yang paling awal. Penampilan Lynn Blaikie kepada seniman batik lainnya terbatas di Far North. Namun, Lynn merasa bahwa kesepiannya berharga dalam beberapa hal. Pengembangan dan penemuan pribadi selama bertahun-tahun telah menghasilkan gaya pribadi yang unik. Menggunakan metode kematian barel tradisional, tinta dan pena, seninya dipenuhi dengan kegembiraan. dan kelimpahan yang merayakan kehidupan, keberadaan dan alam.Pilihan karir Lynn meliputi seni dan pengajaran untuk program dan lokakarya batik anak-anak, remaja, dan dewasa.

Terima kasih Lynn telah meluangkan waktu untuk berbicara dengan kami.

IAP: Kami menelusuri sejarah Anda dan membaca bagaimana Anda menemukan batik selama protes di tambang. Tapi apakah ada tanda-tanda atau kecenderungan bahwa Anda akan menjadi seorang seniman sebelum itu…ketika Anda masih kecil?

pound: Sebagai seorang anak, saya biasa membuat sketsa, memahat, merajut, membuat dan melakukan semua jenis seni dan kerajinan yang saya bisa. Orang tua saya membelikan saya segala macam buku seni dan kerajinan. dan menghabiskan sebagian besar waktunya bereksperimen dengan semua yang ada di buku. Saya biasa menjual kerajinan tangan di setiap acara yang memungkinkan, festival lokal. Bahkan pasar loak gereja ketika saya masih kecil. sementara saya bekerja pertukangan Saya mendapatkan keterampilan dan latihan menggergaji untuk ulang tahun saya yang ke 21. Saya paling bahagia dengan proyek kreatif saat bepergian.

IAP: Mengapa batik bukan minyak, pastel, atau media lainnya?

pound: Saya tidak percaya diri dengan kemampuan menggambar saya. Dan batik adalah media yang saya temukan yang membuat saya tetap fokus pada aspek sentuhan dan teknis seni. Kemampuan menggambar tidak benar-benar sesuai sasaran. Saya tidak pernah belajar seni di sekolah sampai setelah kelas 9 karena saya tidak suka menggambar atau menghasilkan seni jadi yang menurut orang bagus atau tidak berdasarkan konsep kesempurnaan mereka. Batik memungkinkan saya berkreasi dengan tangan, otak, dan jiwa saya. Saya senang berkreasi dengan cat air dan akrilik. Tapi cinta pertama saya adalah batik.

IAP: Apakah Anda mengembangkan gaya yang kita kenal sejak awal atau apakah pekerjaan pertama Anda sangat berbeda dari dulu hingga sekarang?

pound: Gaya saya jelas sejak awal. Gambar-gambar yang saya gambar lebih realistis secara teknis dalam kehidupan. Karena latihan membuat gambar saya lebih baik. Tapi perasaan pekerjaan masih sama di awal. Saya menggambar apa yang saya rasakan bukan apa yang saya lihat Itu sebabnya saya tidak melukis tempat-tempat seperti yang dilakukan seniman lanskap.

IAP: Artis mana yang memengaruhi Anda dan bagaimana caranya?

pound: Saya tidak tahu seniman mana yang secara khusus memengaruhi seni saya. Seni saya berkembang sebagai anak-anak saya punyaku kecil Saya bekerja sebagai direktur pusat penitipan anak, jika ada, pengaruh saya datang dari mata dan hati anak-anak. Saya belajar seni saya melalui trial and error selama bekerja dan membesarkan anak-anak. Saya tidak tahu seniman batik lainnya. dan tidak punya waktu untuk meneliti sejarah seni. Sama sekali tidak ada internet saat itu.

IAP: Apa minat lain yang Anda miliki? (selain menggambar)

pound: Saya suka berkebun dan bekerja di rumah kaca saya. Saya seorang pria yang tinggal di Acre. Saya sering membuat kebun baru. Bangun beranda di bawah kandang renovasi kamar mandi Atau cukup potong kayu bakar untuk musim dingin.

IAP: Bagaimana Anda menghadapi sisi bisnis menjadi seorang seniman?

pound: Untungnya, saya tampaknya dapat melakukan sebagian besar pekerjaan bisnis dalam seni saya. Saya seorang pemikir konseptual Jadi saya bisa melihat ke mana saya ingin pergi dan apa yang ingin saya lakukan. Kelemahan saya adalah bisnis yang lengkap. bila memungkinkan Saya akan bekerja dengan orang lain kuat di bidang ini Ketika saya dipaksa untuk menangani detailnya sendiri. Ini secara konstruktif mengecewakan saya.

IAP: Ada pepatah lama, “Dalam ______, presentasi adalah segalanya!” Bagaimana Anda mempresentasikan karya Anda di pameran, galeri, dll., dan bagaimana “total presentasi” berjalan? yaitu, seberapa besar kontribusi presentasi Anda terhadap penjualan?

pound: presentasi itu penting Seniman baru yang profesional dan percaya diri dalam mempresentasikan karyanya akan membangun kepercayaan pembeli. Materi promosi, sejarah yang baik, spanduk, dan mempresentasikan karya seni Anda dalam cahaya terbaik sangat penting.

IAP: Apakah Anda menggunakan tikar dan bingkai dalam presentasi Anda?Jika demikian, apakah ada cara?

pound: Saya cenderung menawarkan semua jenis pekerjaan berbingkai dan tidak berbingkai. Saya ingin dinding berbicara. Pekerjaan apa pun tidak dibingkai jika aslinya matt dan dikemas. Saya memilikinya untuk dilihat berdasarkan permintaan jika pekerjaan itu “mentah” saat saya sedang mengerjakan kapas. Saya menemukan bahwa saya dapat menyimpan yang asli dalam sebuah tabung dan membuka lipatannya untuk dilihat orang. Menampilkan karya mentah kepada pembeli adalah interaksi yang sangat pribadi dan koheren secara alami. tidak selesai atau tidak selesai, hanya menunjukkan Kesan pertama perlu disempurnakan. Pengecualian adalah jika saya melakukan grosir untuk pekerjaan reproduksi saya. Karena saya hanya grosir LEP tanpa bingkai. Jadi saya berakting tanpa bingkai. Saya menemukan bahwa jika saya membingkai pekerjaan Orang berharap untuk mendapatkan itu. Saya mungkin membingkai satu atau dua untuk memberi tahu toko seberapa bagus tampilannya.

IAP: Apa yang menginspirasi Anda untuk melukis? Dan bagaimana Anda tetap termotivasi ketika keadaan menjadi sulit di studio?

pound: Hal-hal tidak pernah sulit di studio. Inspirasi untuk seni saya hampir merupakan perjuangan. Hal yang paling saya perjuangkan adalah waktu. Saya bisa sibuk dengan pameran dagang atau penjualan yang akan datang. Memesan tikar, dinding, dll. Saya menghabiskan lebih banyak waktu di komputer daripada yang saya butuhkan. Saya selalu ingin melakukan seni saya. Saya menemukan bahwa saya harus memaksakan diri untuk menyelesaikan semua detail bisnis sehingga saya dapat memiliki kebebasan untuk membangun.

IAP: Saran apa yang akan Anda berikan kepada seniman yang baru mulai memasarkan dan/atau memamerkan karya mereka kepada dunia?

pound: Jika ada workshop dan presentasi pemasaran untuk mereka, jangan sampai ketinggalan! Mengobrol dengan artis lain panggil saja mereka Banyak orang dengan senang hati berbagi pengalaman, jika memungkinkan, hadiri pameran seni. pameran dagang, dll. Sebisa mungkin dan pertimbangkan cara mempresentasikan acara tersebut. Minta izin untuk mengambil foto dari artis. untuk membuat referensi tentang apa yang menurut Anda akan berhasil, dan ingat; Jadilah profesional dalam penampilan dan presentasi Anda. Brosur dan selebaran juga penting. Jika Anda ingin bekerja di galeri tertentu Menelepon dan meminta janji dan membawa presentasi profesional untuk mereka lihat dan tinggalkan.

IAP: Apakah ada karya/proyek/komisi menarik yang telah Anda lakukan dalam beberapa tahun terakhir yang dapat Anda bagikan kepada kami?

pound: Saya ingin menjadi salah satu seniman yang menjual dan mendemonstrasikan Pertandingan Musim Dingin Kanada 2007 musim dingin lalu yang berlangsung di Whitehorse. Saya ditugaskan untuk memberi hadiah kepada VVIP yang hadir.Festival Seni Utara Besar di Inuvik juga menjadi sorotan, dengan demonstrasi, lokakarya, dan penjualan galeri selama 10 hari. dan terhubung dengan artis lain dari kutub utara Saya berharap dapat menghadiri Pertandingan Musim Dingin Arktik di Yellowknife musim semi mendatang sebagai bagian dari program budaya. Saya masih memiliki mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya dengan menerbitkan buku anak-anak pertama saya, “Beyond the Northern Lights.” Buku itu diterbitkan sebagai buku hadiah hardcover oleh Fitzhenry dan Whiteside dari Toronto, Ontario, yang melakukan pekerjaan dengan baik. Ini dipasarkan sebagai buku seni serta buku cerita anak-anak dan telah mendapatkan pengakuan. Tersedia di toko buku dan penerbit Island Art.

IAP: komentar perpisahan apa pun

pound: Saya merasa sangat beruntung untuk bangun setiap hari dan berharap untuk berada di studio saya. Kualitas hidup sangat penting bagi saya. Memilih untuk berkarir di bidang seni tidak selalu mudah. Tapi aku tidak akan mengubahnya untuk dunia.

[ad_2]
Source by Ryan Grealy

About admin

Check Also

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) …