Fungsi dan aplikasi motor DC

[ad_1]

Motor DC atau motor DC membantu dalam mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Digunakan di sebagian besar pekerjaan rumah dan elektronik. Digunakan pada CD player, komputer, remote control pesawat, pisau cukur listrik, dan sebagainya.Beberapa bagian terpenting dari motor DC adalah rotor, armature, stator, komutator dengan sikat. Ini dianggap sebagai jenis motor paling sederhana yang digunakan di banyak peralatan listrik. Dibandingkan dengan motor listrik AC Lebih terkontrol dan kuat

Prosedur kerja motor DC

Medan magnet dibuat di dalam perangkat karena adanya magnet dan kumparan elektromagnetik. Armature ditempatkan di antara kutub selatan dan utara magnet di dalam motor. saat mentransmisikan energi ke seluruh armature Medan magnet berinteraksi dengan medan yang dihasilkan oleh jangkar. Kutub yang berlawanan menyebabkan motor berputar.

Secara umum, ada tiga jenis motor DC: motor stepper. motor yang disikat dan motor tanpa sikat

Motor Stepper: Salah satu jenis motor DC yang paling umum termasuk motor stepper. Motor brushless listrik ini beroperasi berdasarkan elektromagnet yang memutar poros bagian dalam. Ada motor stepper yang dikendalikan komputer di sebagian besar toko online dan offline. Mereka banyak digunakan di satelit, floppy drive, CD drive, mainan dan pemindai. Karena fungsi kerjanya, itu dapat dikontrol dengan cukup mudah. Tetapi motor stepper membutuhkan pengontrol eksternal karena dayanya yang rendah.

Motor Brushed: Motor brushed adalah motor DC standar yang dapat ditenagai oleh baterai DC apa pun. Mereka terdiri dari komutator modular, namun perangkat ini memiliki beberapa kelemahan. Sikat dan cincin komutator bersentuhan satu sama lain, menyebabkan banyak gesekan dan kerusakan pada cincin dan sikat. Baik cincin dan sikat harus diganti terus-menerus. Sikat modern terbuat dari karbon, yang tahan lama dibandingkan dengan kabel tembaga. juga menyebabkan lebih sedikit gesekan Perangkat ini tidak mahal dan mudah digunakan.

Brushless Motor: Karena motor ini brushless. Oleh karena itu, ini dianggap sebagai perangkat yang paling cocok. Ini tahan lama dan perawatannya rendah. Ini juga lebih efisien dan bertenaga dibandingkan dengan jenis motor DC lainnya. Ini terdiri dari komutator eksternal dan rotor yang membalikkan arah arus.

Karena motor ini tidak termasuk sikat. Jadi hampir tidak ada kemungkinan gesekan dan kerusakan pada perangkat. oleh karena itu dapat digunakan dengan mesin berat dan peralatan listrik. Hal ini berharga dan tahan lama juga. Ini juga lebih dingin dari motor AC dan tahan lebih lama.

Motor DC digunakan dalam aplikasi seperti mesin bor, mesin tekstil, mesin bubut, planer dan mesin pintal. Ini juga digunakan dalam kompresor udara. Penyedot debu, mesin jahit, lift, dan pengering rambut. Selain ini Ini juga digunakan untuk berbagai keperluan industri.

[ad_2]
Source by Anamika Swami

About admin

Check Also

Senin Depan, Jokowi Berikan Langsung Tukar Rugi Rumah Hancur di Cianjur

Senin Depan, Jokowi Berikan Langsung Tukar Rugi Rumah Hancur di Cianjur Presiden Joko Widodo akan …