Cara memeriksa apakah motor listrik DC Anda “rusak”

[ad_1]

Saat ini, motor listrik arus searah (atau DC) digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti memindahkan jendela dan kursi di mobil Anda. Karena sifat penyembunyian motor ini Oleh karena itu, akan sangat sulit untuk menyelesaikan perbaikan atau perawatan motor tanpa membongkarnya. Ini adalah alasan mengapa Ketika Anda sampai ke motor listrik DC Anda harus segera memeriksa untuk melihat apakah itu “rusak” dan perlu diganti.

Mulailah dengan melepaskan motor DC dari braket pemasangan untuk memastikan bahwa Anda melepaskan sumber daya listrik yang dapat menyebabkan motor berputar secara tidak sengaja. Anda mungkin perlu mengikuti petunjuk pabrik untuk melakukannya. Ini karena beberapa motor tertahan di tempatnya dan berisiko tersengat listrik.

Selanjutnya, Anda dapat menguji kontinuitas. (atau koneksi) dari motor listrik yang terhubung ke volt-ohmmeter Pastikan meteran dalam posisi “ohm”, lalu pasang kabel merah dan hitam ke titik sambungan. (Kabel merah harus disambungkan ke “Ohm” dan kabel hitam ke titik “Umum”.) Uji apakah meteran berfungsi dengan benar dengan menyentuh kedua kabel secara bersamaan – layar harus membaca nol ohm. (atau kontinuitas penuh)

Untuk menguji motor DC Anda Sentuh kabel ohmmeter ke kabel motor. Tampilan meteran harus menunjukkan resistansi rendah (antara 10 dan 30 ohm), tetapi jika membaca ohm rangkaian terbuka atau tak terbatas. Anda harus memutar poros belakang motor. Ohmmeter harus memberikan pembacaan yang berbeda saat poros ini berputar. (Yang merupakan indikasi bahwa motor listrik itu sendiri baik. Tapi ada masalah dengan sirkuit listrik. Jika meter masih terbaca sebagai rangkaian terbuka Sikat konduktif mungkin menjadi “buruk”.

Dengan menggunakan obeng, lepaskan sikat dari ujung motor listrik. (Anda dapat menemukannya di bawah tutup plastik di ujung lain motor ke poros penggerak.) Periksa sikat dengan hati-hati untuk retakan atau retakan di permukaan – area sikat yang menempel pada konduktor atau komutator harus halus dan melengkung. Jika kabel atau pegas rusak, motor putus. Jika sikat terlihat bagus, masalahnya mungkin pada komutator.

Sekali lagi gunakan obeng dan gunakan untuk melepas tutup belakang motor listrik DC. (dengan melepas dua sekrup yang menjalankan panjang motor) Periksa pelat yang membentuk komutator – harus ada celah di antara setiap pelat. Jika Anda melihat kabel putus atau pernis terbakar. Komutator tidak berfungsi dan bagian yang rusak harus diganti.

[ad_2]
Source by Harrie Dadhwal

About admin

Check Also

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) …