Guru, pesulap, artis – El Curandero Raul Baltazar

[ad_1]

Nama Raul Baltazar telah menghantui saya selama beberapa minggu terakhir. Sejak Oliver Shipley mengirim artis dan dirinya sendiri kaset pertama untuk membahas diskusi awal. Saya juga mencoba untuk membungkus otak saya di sekitar hal-hal di atasnya dengan Raul. Dari cara dia minum kopi dan kayu manis ke era pasca-kolonial, untuk mengagumi anak bodoh yang mengira dia penuh dengan itu. Saya terheran-heran dengan pertanyaan retoris artis ini. Mari kita tertawakan leluconnya. Datang untuk makan tahi lalat Oaxacan di sebelahnya sebelum aku bertemu Raul. Saya terkejut dengan betapa mudah, akrab dan retorisnya dia berbicara tentang penjara. pascakolonialisme dan seni sebagai alat politik Setelah bertemu Raul Baltazar, saya menyadari bahwa dia adalah contoh seniman yang sangat berkontribusi pada teori melalui praktik. Salah jika dikatakan terlalu serius dengan dirinya sendiri, sebenarnya tidak. Dia santai dan ceria dan memiliki senyum yang cepat, tetapi dia melihat peran seniman sebagai peran penting dalam perubahan sosial.

Baltazar berbicara tentang politik sejak awal. “Kita harus berhati-hati tentang bagaimana kita adalah seniman. Seniman itu kuat. Kami merancang uang dolar. Penting untuk mengetahui bagaimana kami dapat melayani masyarakat sebagai pendongeng dan guru” ketika ditanya tentang proyeknya yang paling berkesan. Dia mengingat pengalamannya bekerja dengan tahanan remaja di Los Angeles. Baltazar memfasilitasi kelas seni di pusat penahanan remaja terbesar di Amerika Serikat. di sini di los angeles Seniman menggali cara-cara retoris di mana penjahat terhubung ke akar kolonial kita (yang terakhir).Dia tampaknya lebih benar-benar peduli tentang tinggal di kota penahanan pemuda daripada kota lain. di Amerika Serikat Baltazar menyarankan bahwa dia juga dapat dengan mudah dipenjara jika tidak ada arahan kreatif yang ditemukan. dimana ada konflik Artis ini menemukan kemungkinan. Baltazar sendiri mengingatkan saya pada seorang seniman yang bekerja untuk menyembuhkan masyarakat. Merangkul kekacauan dan menciptakan sensasi yang indah, mural Baltazar sengaja mengubah arsitektur seperti penjara dari Sekolah Menengah Johnnie L. Cochran Jr. menjadi apa yang tampak seperti katedral Aztec yang penuh warna. Ketika sekolah menengah dulu adalah partisi arsitektur. Sekarang tampak lebih seperti tempat pembelajaran intelektual dan spiritual.

Baltazar berada di angkatan laut. Dia dibesarkan di LA pada akhir 1970-an dan 80-an, dan dia menemukan cara untuk melarikan diri. Tetapi jika Anda dari L.A. Bahkan jika Anda membenci L.A. Anda dapat menemukan jalan kembali ke LA. Dia pikir itu adalah tempat di mana bahkan jika Anda bosan dengan jalan raya, arogan, dan kabut asap, Anda kembali dan kota akan mengejutkan Anda dengan rahasia dan tasnya yang tersembunyi. Menyenangkan seni dan budaya Los Angeles tidak dapat disangkal dinamis. Ini adalah kota yang meresap ke dalam daging dan tulang Anda. Itu menjadi bagian dari diri Anda yang tidak dapat Anda goyahkan. Selalu membuka cerita baru

LA untuk Baltazar sebagai seorang anak ajaib. Mural di dinding lingkungannya membanjiri pikiran dan aliran darahnya. Mereka menjadi bagian dari lingkungan budaya dan identitasnya sebagai seniman. Gambar yang dibuat oleh artis LA memiliki efek abadi pada Raul. Dia terinspirasi oleh gerakan (Chicano) untuk merebut kembali ruang publik melalui mural. Dia ingat sebagai seorang anak yang terpesona oleh mural East LA Streetscapers. Setiap hari dan Broadway Dan ada juga Tweety Bird yang memakai topi bertepi lebar. Orang tuanya yang berpikiran politik juga berpengaruh. Dia telah berkembang dari benih-benih ini. Akarnya di Los Angeles tetap penting bagi cara dia bekerja di masyarakat sebagai seniman yang sadar politik.

Raul Baltazar akan memberi tahu Anda bahwa ia dipengaruhi oleh cerita rakyat yang diturunkan dari mulut kakeknya di Chihuahua, Meksiko. Dia memperkaya seninya dengan simbol budaya dan spiritual dari seluruh dunia.Dalam karyanya, Anda dapat menemukan alegori tentang agama Buddha semudah itu. Dengan itu Anda dapat menemukan sesuatu Azteca klasik. Dalam muralnya kita melihat naga, monyet, gajah, dan Pohon Kehidupan. Semua panutan yang bercerita tentang pengetahuan, trik, kebohongan, dan kebenaran spiritual. Ia menggunakan konsep akting dan “panggung” kehidupan dalam salah satu muralnya di halaman SMP JLC yang dipenuhi Angelinos di bayang-bayang gelap malam. Air menetes atau mengalir melalui karyanya dalam beberapa bentuk, mengacu pada alam bawah sadar pengetahuan dan cerita yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Sebagian besar karyanya adalah menciptakan kembali tradisi rakyat. faktanya Salah satu mural JLC-nya dipenuhi dengan keajaiban “keberuntungan” sejati. mereka akan beruntung Mural menjadi sebuah karya interaktif, maknanya menjadi rejeki yang luar biasa untuk mengalaminya. Baltazar tidak menciptakan benda datar dan mati. Ia menciptakan karya seni yang hidup dan bernafas. berinteraksi dan dapat diubah Mural Good Luck adalah contoh yang bagus tentang bagaimana seni dapat diterapkan pada properti spiritual. atau, seperti yang dikatakan Raul, bisa menjadi “Tempat suci atau tempat untuk mengisi ulang energimu lagi”

curandero / a adalah penjaga komunitas. Yang menarik dari Baltazar adalah dia menyadari bagaimana seniman dapat bekerja secara efektif sebagai penyembuh komunitas, menjahit luka, atau berbicara tentang luka, kehilangan, dan kemungkinan di komunitas kita. Satu-satunya kebenaran yang Baltazar rasakan terhubung dengan komunitas LA yang diceritakan. Dikatakan dia tidak hanya bekerja untuk dirinya sendiri. Ini memberitahu kita bagaimana dia ingin menggunakan medianya sebagai seniman untuk mengoreksi semangat masyarakat dan meneruskan tradisi mendongeng. Mural berbicara dengan keras, menggemakan cerita yang mencerminkan komunitas yang hidup di pinggiran. Lebih dari sekedar narasi/lukisan politik tentang perjuangan dan kelangsungan hidup. Mural Baltazar berfungsi sebagai kuil dan ruang berkumpul bagi komunitas L.A. Saya juga merasa yakin bahwa ratusan ribu anak akan terpengaruh oleh mural Raul. Sama seperti dia dipengaruhi oleh mural yang dia lihat ketika dia masih kecil di LA.

Sosok pesulap kerap berperan dalam karya Baltazar. kata Raul “Penipu membuat Anda mempertanyakan apa yang Anda yakini. dan apakah kamu benar-benar percaya? Dan melakukannya dalam imajinasi yang merupakan bagian dari cerita rakyat. Kisah-kisah ini telah diturunkan dari generasi ke generasi, dan tidak ada yang harus membayar untuk mencetak atau melompati lingkaran. itu baru saja terjadi Mereka terus-menerus dihidupkan kembali karena mereka memiliki hak pilihan. karena mereka mengajarkan sesuatu karena berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Itulah yang saya coba lakukan untuk pekerjaan saya. Jadikan hari ini relevan.”

Dalam banyak hal, peran Raul Baltazar sebagai seniman dan pesulap Menerobos dan menantang kategori yang berbeda. Dia bekerja keras melawan dicap sebagai salah satu seniman yang baik hati. Baltazar adalah seorang aktor, pelukis, pembuat film, pematung, seniman mural. dan ilustrator Fokusnya pada seni dinding adalah pilihan yang saya buat terutama untuk menunjukkan bagaimana dia terlibat dengan komunitas.Baltazar, tentu saja, adalah seorang seniman yang menentang tradisi yang mencoba mengidentifikasi seni dan seniman sebagai “Chicano” atau “Postmodern” atau “Konseptual”. ” atau “Pelukis” Bahkan, antara lain, Raul Baltazar adalah seorang guru, pekerja budaya dan Curandero sebagai seorang seniman.

[ad_2]
Source by Sofia Rose Smith

About admin

Check Also

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) …