Jokowi dan Macron Berjumpa di Bali, Ulas Kerja Sama Pertahanan

Jokowi dan Macron Berjumpa di Bali, Ulas Kerja Sama Pertahanan

Di antara penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali 2022, Presiden Joko Widodo melangsungkan tatap muka bilateral dengan Presiden Perancis, Emmanuel Macron. Tatap muka ke-2 nya berjalan di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, pada Selasa.

“Presiden Macron, selamat tiba di Bali. Terima kasih untuk kedatangan Yang Mulia pada KTT G20 ini dan support Prancis sejauh Presidensi Indonesia,” tutur Jokowi. “Meskipun keadaan dunia tidak sedang aman sekarang ini, kita terus bekerja bersama supaya G20 bisa hasilkan kerja-sama yang berguna untuk semua,” sambungnya.

Disamping itu, Presiden mengulas berkenaan kerja-sama peralihan energi dan menerangkan jika Indonesia terus berusaha untuk perkuat peralihan energi baru dan terbarukan.

Presiden Macron menghargai usaha yang sudah dilakukan Indonesia dan mengatakan persiapan untuk memberikan dukungan peralihan energi di Indonesia. Di kesempatan itu, ke-2 pimpinan mengulas kerja-sama pertahanan dan kedirgantaraan.

Presiden Jokowi mengharap kerja-sama pertahanan ke-2 negara tak terbatas pada penyediaan alat khusus mekanisme persenjataan (alutsista). Tetapi perlu meliputi produksi bersama, pindah tehnologi, dan investasi manufacturing.

“Saya harap beragam project pertahanan ini bisa selekasnya kita menindaklanjuti. Saya menyambut baik gagasan diskusi 2+2 di antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kita untuk mengulas desas-desus vital di teritori,” sebut Jokowi.

Ingat jalinan ke-2 negara makin kuat, Jokowi setuju untuk membuat Komunitas Diskusi yang dengan teratur akan mengulas kerja-sama di beberapa sektor fokus.

Menteri Luar Negeri Indonesia dengan Perancis akan tindak lanjuti persetujuan ini. Ikut menemani Presiden Jokowi dalam tatap muka itu yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bijakin Tasrif.

About admin

Check Also

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang

BNPB Sebut Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Sisa 14 Orang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) …