Jokowi Sholat Jumat dan Meresmikan Pengaturan Kawasan Masjid Ahmad Yani Kota Manado

Jokowi Sholat Jumat dan Meresmikan Pengaturan Kawasan Masjid Ahmad Yani Kota Manado

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan ibadah sholat Jumat di Masjid Amah Yani Kota Manado Sulawesi Utara, selesai tempuh perjalanan dengan memakai kapal motor dari Pelabuhan Bunaken,

Datang di masjid, Jokowi yang ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Tugas Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, terlihat disongsong oleh Plt. Ketua Badan Takmir Masjid Raya Ahmad Yani Hj. Lutvia Alwi Malabar dan Imam Besar Masjid Raya Ahmad Yani K.H. Sofyan.

Jokowi juga mengambil langsung air wudu dan ke arah ke arah tempat yang sudah disiapkan.

Dalam pada itu, Ketua MUI Manado K.H. Yaser bin Salim Bachmid yang melakukan tindakan selalu khatib sampaikan ceramah yang bertopik “Raih Keberkahan dan Keberhasilan dengan Kenaikan Kualitas Imtaq”. Adapun Ketua MUI Sulawesi Utara K.H. Abdul Wahab Abdul Gafur jadi imam sholat Jumat.

Sesudah usai melakukan ibadah sholat Jumat, Jokowi resmikan pengaturan kawasan Masjid Ahmad Yani yang berbentuk pembangunan menara.

Menara yang berada di Kelurahan Lawangirung, Kecamatan Wenang Kota Manado ini mempunyai luas 49 mtr. persegi dan memulai dibuat di tahun 2020.

Plt. Ketua Badan Takmir Masjid Raya Ahmad Yani Hj. Lutvia Alwi Malabar sampaikan jika menara ini dibuat untuk menolong penerapan pengawasan rukyatulhilal dalam rencana penetapan awalnya Ramadan, hari raya Idulfitri, dan hari raya Iduladha.

“Menara ini kita akan khususkan untuk menyaksikan rukyatulhilal,” tutur Lutvia, diambil dari tayangan jurnalis Sekretariat Presiden,

Menambahkan Tujuan Wisata Rohani

Menurutnya, kehadiran menara masjid ini akan menambahkan tujuan wisata rohani baru untuk Kota Manado. Lewat menara itu, nanti warga atau wisatawan bisa menyaksikan keelokan Kota Manado di atas menara.

“Ini dapat menjadi satu diantara tujuan wisata untuk menyaksikan Kota Manado di atasnya,” papar Lutvia.

Lutvia juga sampaikan animo ke Presiden Jokowi yang sudah resmikan pengaturan kawasan Masjid Ahmad Yani selesai melakukan ibadah sholat Jumat dan menegur beberapa jemaah yang datang.

“Satu kali lagi kami berterima kasih ke Bapak Presiden dan kelompok,” sebut Lutvia.

Ikut datang dalam pengesahan itu ialah Gubenur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Andrei Angouw, Kakanwil Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Utara Sarbin Sehe, Wakil Ketua Badan Takmir Masjid Raya Amin Gaib, dan Sekretaris Umum BTM, Shuaib Sulaiman.

About admin

Check Also

KPU Yakinkan Peruntukan Bangku Dapil DPR Tidak Berbeda dari 2019

KPU Yakinkan Peruntukan Bangku Dapil DPR Tidak Berbeda dari 2019 Komisi Penyeleksian Umum (KPU) memverifikasi …